8 Tips Jitu Menghadapi UN -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

8 Tips Jitu Menghadapi UN

Thursday, March 17, 2016
8 Tips Jitu Menghadapi UN - Ujian Nasional (UN) sebentar lagi akan tiba. Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) akan dihadapkan dengan soal-soal yang bikin galau dan baper. Gimana nggak galau sebab masa depan kita yang cerah atau suram, salah satunya bakalan ditentukan dari jawaban kita di UN nanti. Nah supaya hal tersebut terhindar, bacalah tips-tips berikut ini. 

8 Tips Jitu Menghadapi UN
8 Tips Jitu Menghadapi UN

Luruskan niat dan kuatkan mental
Ini sebenanrnya yang paling banyak luput dari siswa. Kebanyakan siswa masih belum mempunyai orientasi ke depan yang jelas. Sekolah hanya asal sekolah saja, 3 tahun kemudian mendapat ijazah. Yang benar aalah niatkanlah sekolah ini untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat sebagai bekal di luar sana nanti. Dan juga jadikan Ujian Nasional (UN) sebagai ajang evaluasi kemampuan diri tentang seberapa banyak ilmu yang telah kamu serap selama ini. Jadi, mulailah bulatkan tekad dari sekarang.
Buat jadwal dan konsisten
Buat kamu para juara, belajar mungkin bukan sesuatu yang sulit kan. Kamu yang telah terbiasa membaca, mengerjakan soal, mengerjakan pr merupakan bagian dari belajar. Tapi sekarang kamu perlu sesuatu yang lebih dari belajar, sekarang kamu perlu membuatkan jadwal khusus untuk belajar harianmu dan tentunya porsi belajar nya pun harus lebih banyak.

Memahami SKL atau kisi-kisi UNIngat waktu kamu tidak akan lama lagi. Kurang efektif kalau kamu membaca buku-buku tebal dari zaman baehula. Alangkah baiknya kampu pahami kisi-kisi Ujian Nasional yang telah dikeluarkan BSNP. Itu akan membuatmu lebih mudah memahami bagaimana kira-kira gambaran Ujian Nasional 2016 nanti. Dan jangan lupa beli juga buku-buku khusus Ujian Nasional yang tersedia banyak di toko-toko buku (Gramedia). 

Banyak berlatih soal UN
Ini hal yang harus kamu lakukan rutin setiap hari. Kenapa? karena dengan berlatih tentu kita akan mudah memahami bagaimana maksud soal tersebut. Kalian ngga perlu repot-repot hafalin rumus yang banyak banget, cukup latihan soal yang rutin itu akan membuatmu terbiasa mengerjakan. 

Tinggalkan hal-hal yang kurang bermanfaat
Mulai sekarang kamu harus fokus pada Ujian Nasional dahulu. Tinggalkan kebiasaan-kebiasaan kurang penting. Kalau bisa dikurangi atau bahkan jika kamu benar-benar ingin fokus ke UN dulu, kamu tinggalin kebiasaan-kebiasaan yang kurang bermanfaat itu 

Jaga Kesehatan
Nah, ini penting banget bagi kalian yang suka lupa waktu kalau lagi asik belajar. Jika sudah mepet begini, terkadang kesehatan akan kalian nomor dua kan. Jangan bro! kesehatan harus teteap dijaga sembari kamu tetap fokus dengan Ujian Nasional yang sewajarnya. Oleh karena itu, menjaga tubuh fit adalah suatu keharusan. 

Banyak berdoa
Banyaklah berdoa agar kamu dimudahkan dalam menghadapi Ujian Nasional. Karena walaupun persiapanmu sudah sangat matang, namun kamu lupa dengan Sang Pencipta maka sia-sialah Ujian Nasional nanti. Jangan lupa minta restu kedua orang tua juga.

Demikian artikel kami mengenai 8 Tips Jitu Menghadapi UN semoga dapat bermanfaat. Dan juga kita berdoa bersama-sama agar semuanya bisa lulus UN 2016 ini.
Semoga Sukses!