6 Tips Memilih Sabun Antibakterial untuk Bayi yang Aman

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

6 Tips Memilih Sabun Antibakterial untuk Bayi yang Aman

Admin
Monday, September 16, 2019

Bayi memiliki sistem imunitas yang belum sempurna. Hal inilah yang membuat Anda harus menggunakan cairan pencuci antibakterial, sebelum memegang bayi. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan sabun bayi yang akan digunakan. Bayi memiliki kulit yang halus dan sensitif, sehingga mudah terkena iritasi jika tidak memilih sabun bayi yang cocok. 

Berikut beberapa tips memilih sabun bayi yang aman.

1. Menggunakan sabun khusus bayi
Pastikan memilih sabun yang khusus untuk bayi. Sabun yang dikhususkan untuk bayi biasanya telah memiliki formula yang pas untuk kulit bayi yang halus dan sensitif. Sebaiknya, jangan sekalipun menggunakan sabun yang bukan untuk bayi, karena akan menyebabkan iritasi pada kulit.

2. Menghindari sabun ekstra busa
Banyak orang dewasa yang lebih senang menggunakan sabun dengan ekstra busa. Namun, produk sabun ini tidak cocok untuk bayi. Produk sabun ekstra busa biasanya telah ditambahkan bahan kimia yang tidak cocok untuk kulit bayi.

3. Menggunakan sabun bayi hypoallergenic
Jika bayi memiliki kulit kering atau eksim, menggunakan sabun hypoallergenic merupakan pilihan tepat. Sabun ini sangat cocok digunakan untuk bayi yang menderita alergi.

4. Bebas aroma
Sabun yang memiliki aroma harus biasanya telah ditambahkan bahan kimia tertentu. Hal inilah yang membuat Anda sebaiknya tidak menggunakan sabun berbau harum untuk bayi. Hal ini justru akan menyebabkan reaksi buruk pada kulit bayi, sehingga meningkatkan reaksi terkena iritasi kulit.

5. Periksa kandungan dalam sabun
Sebelum memilih sabun bayi, sebaiknya periksalah kandungan dalam sabun. Hindari sabun bayi yang menggandung zat-zat yang dapat menyebabkan alergi. Sebaiknya, jangan memilih sabun yang mengandung alkohol, glikol, propelina, dan bahan berbahaya lainnya.

6. Memilih sabun dengan pH netral
Bayi memiliki pH yang lebih tinggi daripada kulit orang dewasa. Sebaiknya pilihlah sabun bayi dengan pH seimbang untuk menjaga keseimbangan pH kulit, sehingga kulit tidak kering dan terhindar dari iritasi.

Selain memilih pencuci antibakterial yang efektif membunuh kuman, Anda juga perlu memilih sabun bayi yang tepat untuk bayi. Sebaiknya pilih sabun bayi dengan kandungan tepat, tidak beraroma, tidak banyak busa, serta memiliki pH netral.