5 Keuntungan Investasi Reksadana Yang Wajib Kamu Ketahui -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

5 Keuntungan Investasi Reksadana Yang Wajib Kamu Ketahui

Admin
Saturday, November 16, 2019

Investasi merupakan salah satu cara yang paling tepat untuk mempersiapkan masa depan kita. Meskipun kita tidak tahu baik buruknya masa depan kita, namun setidaknya dengan kita mempersiapkannya maka kita akan dapat menjadikan masa depan yang kita miliki bisa menjadi lebih baik kemudian nanti. Salah satu jika kita menginginkan investasi ini sebaiknya kita memilih investasi yang menggunakan reksadana saja. Kenapa demikian? Tentu saja bukan tanpa alasan, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui dalam hal ini.

Ini Dia 5 Keuntungan Berinvestasi Menggunakan Reksadana

1. Biaya Rendah, Untung Maksimal
Ini merupakan sebagai alasan utama reksadana ini sangat cocok digunakan untuk generasi millennials yaitu mengenai masalah biaya awal yang sangat murah, yaitu mulai dari Rp 10.000 maka Anda sudah bisa mulai untuk merasakan brbagai manfaat dalam berinvestasi reksadana, hal ini tentunya Lebih murah jika dibandingkan dari biaya sekali makan.

Kemudian modal yang minim tersebut bukan berarti juga sebagai keuntungan yang minim. Rata-rata biasanya investasi reksadana tersebut dapat memberikan keuntungan yang mencapai 20% dalam waktu satu tahun. 

2. Mudah Untuk Dikelola
Adanya keterbatasan waktu serta pengetahuan dalam kita melakukan Analisa investasi tentu saja bukanlah menjadi sebuah hambatan untuk investasi reksadana. Untuk pengelolaan investasi reksadana Anda sepenuhnya akan dikelola dari Manajer Investasi profesional yang sudah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kemudian untuk masalah fee Manajer Investasi? Dalam hal ini Anda tidak perlu pusing-pusing untuk memikirkan hal tersebut. Karena dalam hal ini sifat investasi reksadana sebagai kumpulan dari banyaknya investor, maka fee Manajer Investasi tersebut kemudian akan dibagi rata ke semua investor yang dalam hal ini dananya kemudian ia kelola. Dengan cara tersebut maka fee Manajer Investasi juga akan menjadi terjangkau.

3. Reksadana Lebih Aman
Kita pasti pernah mendengar jika investasi ada yang dibawa kabur, namun dalam hal ini Anda jangan takut kalau dana yang Anda miliki akan dibawa kabur dari  Manajer Investasi atau dari pihak yang tidak bertanggung jawab lainnya. Dana investasi reksa dana tersebut tidak langsung dipegang oleh Manajer Investasi. Akan tetapi dana tersebut tersimpan berada di rekening bank khusus yang biasanya disebut dengan bank kustodian.

4. Berbasis Online
Pada saat ini mayoritas dari investasi reksadana tersebut berbasis online. Anda bisa melakukan transaksi serta melihat untuk seluruh data investasi dengan sangat mudah yaitu dengan melalui laptop dan smartphone. Selain itu, dalam hal ini juga Anda bisa membuat biaya transaksi bisa menjadi sangat murah.

5. Transparan
Dalam hal ini Anda bisa dengan mudah serta jelas melihat informasi mengenai masalah perkembangan portofolio serta biaya secara terus menerus. Dalam hal ini tentunya Anda bisa memantau mengenai masalah keuntungan investasi reksadana, biaya dan risiko setiap saat secara online. Untuk manajer Investasi tersebut sebagai pengelola reksa dana dalam hal ini juga wajib untuk mengumumkan Nilai Aktiva Bersih setiap hari di surat kabar. Selain itu juga wajib  menerbitkan laporan keuangan pada tengah tahunan serta tahunan juga prospektus yang dilakukan dengan teratur. Hal tersebut akan dapat menekan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dalam menyelewengkan dana.

Nah itulah 5 keuntungan investasi reksadana yang wajib kamu ketahui, tentu ini bisa menjadi referensi bagi Anda sebelum benar-benar memilih tempat untuk investasi.