Cara Memulai Bisnis Waralaba Minuman dengan 5 Langkah Mudah -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Cara Memulai Bisnis Waralaba Minuman dengan 5 Langkah Mudah

Admin
Tuesday, August 18, 2020


Saat ini bisnis franchise minuman sangat marak sekali di era ini karena model bisnisnya yang bisa dibilang sangat mudah dilakukan. Namun, hanya membeli franchise bukanlah jaminan kesuksesan finansial Anda.

 Menjalankan waralaba melibatkan komitmen, tekad, dan kerja keras yang sama banyaknya dengan bisnis brand sendiri. Meskipun konsep, sistem, dan lokasi waralaba dapat memainkan peran penting, pada akhirnya tindakan Anda sebagai penerima waralabalah yang menentukan keberhasilan atau kegagalan bisnis Anda.

Cara Memulai Bisnis Waralaba Minum 
Kunci untuk menjalankan franchise yang sukses adalah mengadopsi sikap yang benar sejak hari pertama memulai. Terus membuat pilihan cerdas di sepanjang perjalanan bisnis Anda akan semakin meningkatkan peluang kelangsungan hidup bisnis waralaba Anda. Berikut beberapa cara untuk memastikan kesuksesan bisnis franchise minuman Anda.

1. Pilih Franchise yang Tepat
Carilah franchise minuman yang sesuai dengan minat Anda. Memilih jenis minuman yang cocok biasanya lebih sukses daripada pebisnis yang murni tergoda oleh peluang finansial. Pilih brand minuman Anda dengan hati-hati. Pastikan Anda berfokus pada sesuatu yang Anda sukai, misalnya Anda suka kopi, maka carilah franchise kopi yang memang sesuai dengan kesukaan Anda dan brandnya sudah cukup dikenal.

Selain itu, memilih waralaba yang sesuai dengan keahlian Anda akan meningkatkan peluang Anda untuk sukses. Pertimbangkan apakah Anda lebih suka bekerja sendiri atau dengan orang lain, dan jika Anda senang berinteraksi dengan pelanggan dan staf pengelola, pastikan Anda mencari yang tepat.

2. Ikuti Sistem Franchise
Membeli waralaba berarti mengadopsi model bisnis orang lain yang telah terbukti berhasil. Keberhasilan bisnis franchise Anda bergantung pada pelaksanaan langsung dari sistem yang dicoba dan kesediaan Anda untuk mematuhi perjanjian waralaba. 

Kegagalan melakukan hal ini akan membahayakan kesuksesan bisnis franchise Anda, yang berpotensi mengakibatkan penghentian perjanjian dan hilangnya waralaba Anda. Bacalah manual operasi secara menyeluruh dan hadiri semua pelatihan yang ditawarkan oleh pemilik waralaba, sehingga Anda memahami sistem kerja dan semua persyaratan sepenuhnya.

3. Miliki Rencana Bisnis
Mengikuti aturan pemilik waralaba itu penting, namun hal yang tidak kalah pentingnya adalah, Anda harus memiliki rencana bisnis yang komprehensif. Anda membutuhkan peta jalan yang jelas dan cara untuk memantau kinerja bisnis Anda. Rencana bisnis juga penting saat mengumpulkan modal untuk franshise minuman Anda. 

4. Manfaatkan Pelatihan Yang Diberikan Oleh Franchise
Manfaatkan sepenuhnya dukungan yang ditawarkan oleh perusahaan induk Anda. Hadiri sesi pelatihan dan konferensi, daftar untuk bimbingan dan tonton DVD perusahaan atau video pelatihan online jika tersedia. Kenali pemilik waralaba lain, karena dengan Anda mengenal pemiliknya, maka Anda bisa mendapatkan pengalaman bersama, ide segar, dan tips untuk menjalankan bisnis Anda sendiri.

Ya, sangat penting untuk menjaga hubungan baik dengan pemilik waralaba. Tetap berhubungan secara teratur, selesaikan laporan tepat waktu dan segera tindak lanjuti arahan baru. Komunikasi bekerja dua arah dan banyak pemilik waralaba menerima ide dari penerima waralaba mereka. 

Jangan lupa, Anda harus mengelola catatan pengeluaran yang bagus agar bisnis franchise minuman Anda tetap berjalan lancar. Salah satu aplikasi yang membantu catatan pengeluaran adalah “Buku Kas”. Unduh segera aplikasi ini untuk membantu keuangan bisnis waralaba Anda.