Langkah-langkah Mencuci Tangan Dengan Benar -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Langkah-langkah Mencuci Tangan Dengan Benar

Admin
Thursday, October 22, 2020

Cuci tangan merupakan perilaku hidup bersih yang selalu disosialisasikan sejak lama untuk menjaga kebersihan dan kesehatan setiap individu. Perilaku ini sebisa mungkin ditanamkan sejak dini untuk menjadi sebuah kebiasaan. Selain untuk menjaga kesehatan cuci tangan juga telah diajarkan oleh agama. 

Media tangan merupakan perantara yang sangat rentan untuk menyebarkan kuman, virus, dan bakteri sehingga dapat menimbulkan perpindahan penyakit. Karena media tangan digunakan untuk memegang benda dan hal-hal di sekitar yang belum diketahui kebersihannya. Jika tidak menjaga kebersihan, maka bisa saja kuman dan bakteri ataupun virus mampu berpindah dari benda ke diri kita. Maka dari itu sangat penting untuk mencuci tangan.

Mencuci tangan juga mengutamakan waktu-waktu tertentu. Seperti sebelum makan, sesudah buang air besar/buang air kecil, sebelum menyentuh makanan, dan setelah beraktivitas. Hal yang perlu diperhatikan lagi adalah cara mencuci tangan yang baik dan benar sehingga kuman dan bakteri tidak terus menerus bersarang di tangan. Biasanya karena terburu-buru seringkali mencuci tangan cukup dengan air yang mengalir. Hal ini merupakan kesalahan. Hanya air mengalir tidak cukup untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang bersarang di tangan.

Mencuci Tangan Dengan Air Tidaklah Cukup
Mencuci tangan dengan air yang mengalir tidaklah cukup seperti yang disebutkan diatas tadi. Air yang mengalir tidak cukup kuat untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang menempel. maka hal ini diperlukan adanya sabun cuci tangan untuk membersihkan tangan dari kuman dan bakteri. Sabun cuci tangan mengandung sejenis lemak yang disebut amphipiles. Amphipiles ini strukturnya sangat mirip dengan lemak yang ada di membran virus. Molekul-molekul sabun dapat bertarung dengan lemak yang terdapat di membran virus. Cara ini hampir sama ketika sabun bekerja untuk melepaskan kotoran dari kulit. Namun sabun tidak hanya berusaha melepaskan virus pada pemukaan kulit, ia juga memisahkan komponen-komponen penyusun virus yakni protein, RNA, dan lemak. Contoh merk sabun yang dapat digunakan untuk mencuci tangan seperti merk detol, lifebuoy, nuvo, dan yang lainnya. Maka dari itu sangat penting menggunakan sabun untuk menjaga kebersihan tangan dan juga mencuci tangan. Apalagi saat ini dunia tengah digegerkan oleh virus corona. Virus yang dengan sangat mudah menular lewat perantara udara.  

Langkah-langkah Mencuci Tangan 
Basahi tangan tengan air bersih yang mengalir. Ambil sabun dan tuangkan pada tangan secara merata secukupnya. Untuk sabun ini juga perlu diperhatikan. Sabun yang digunakan khusus untuk mencuci tangan, bukan sabun untuk mencuci piring atau mencuci baju. Karena kandungannya yang berbeda jadi perhatikan sabun untuk cuci tangan anda. Banyak merk sabun ini yang beredar di pasaran untuk menunjang kebersihan tangan. Kandungan-kandungannya pun juga kandungan yang berguna untuk menghilangkan kuman dan bakteri jahat yang ada di tangan. 

Lalu jika sudah meratakan sabun pada media tangan, gosok kedua punggung tangan secara bergantian. Lakukan terus berulang-ulang, jika dirasa sudah cukup  kemudian gosok bagian sela-sela jari secara berulang. Selanjutnya, bersihkan bagian ujung jari bergantian kanan kiri dengan cara mengatupkannya. genggam ibu jari kanan dan kiri, lalu gosok dengan gerakan berputar. Jika sudah, ganti dengan ujung jari kuku pada telapak tangan satunya dan gosok dengan memutar, setelahnya bersihkan pergelangan tangan secara bergantian. Jika sudah melakukan langkah langkah diatas lalu bilaslah dengan air yang mengalir kembali sampai bersih.