9 Alasan Kenapa Harus Memilih STAN -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

9 Alasan Kenapa Harus Memilih STAN

Monday, February 8, 2016
9 Alasan Kenapa Kamu Harus Memilih STAN



Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) adalah salah satu perguruan tinggi terbaik yang ada di Indonesia, meskipun bukan termasuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) namun pamor STAN tidaklah kalah dengan PTN dan PTS ngejreng di negeri ini. Bagaimana tidak, setiap tahun puluhan ribu hingga ratusan ribu peserta berlomba ingin menyadang sebutan "Mahasiswa SEKOLAH TINGGI AKUNTANSI NEGARA"..


1. Dimulai dari jalur masuk
Tes USM PKN STAN adalah salah satu tes yang terkenal dengan keketatan persaingan yang tinggi dan bersih dari permainan kotor. Artinya dalam USM PKN STAN nanti yang benar-benar diuji adalah kemampuan adik-adik sekalian, tanpa mengandalkan kekuatan uang dan kekuasaan orang tua. Jika ingin menjadi mahasiswa PKN STAN jalannya hanya satu, yaitu lulus dalam USM PKN STAN, tidak ada Jalur lain seperti SNMPTN apalagi Jalur Mandiri/Kemitraan.

2. Biaya Kuliah Gratis
Jika kuliah di PKN STAN, adik-adik hanya tinggal duduk manis mengikuti kegiatan perkuliahan tanpa harus memikirkan berapa besar biaya (entah itu SPP/UKT/uang pangkal dan sejenisnya) yang harus dikeluarkan selama menempuh pendidikan di PKN STAN. Berbeda dengan PTN atau PTS (selain jalur bidikmisi/beasiswa), pasti banyak biaya yang harus dikeluarkan bahkan bisa mencapai ratusan juta jika melalui jalur mandiri yang di adakan oleh perguruan tinggi tersebut. Biaya yang kita keluarkan hanya sebatas biaya hidup (makan, kost, dan seragam).

Baca Juga: Pembahasan Soal STAN Lengkap

3. Sarana dan Prasarana yang memadai
Kuliah gratis bukan berarti akan mengesampingkan kenyamanan dalam belajar. Semenjak era Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Kementerian Keuangan memberikan perhatian yang lebih terhadap kelayakan sarana dan prasarana pendidikan. Saat ini Kampus PKN STAN dan BDK seluruh Indonesia sudah terdapat fasilitas seperti AC per ruang, pengajar yang ramah dan berkompeten di bidangnya, ruang kuliah yang bersih dan sangat memadai, LCD projector dengan LCD screennya yang permanen hampir di setiap ruang kuliah. Semuanya merupakan fasilitas STANdar yang ada di PKN STAN. Selain itu setiap semester mahasiswa akan mendapatkan fasilitas berupa ATK diantaraya :
- buku tulis / binder beserta isinya
- pensil satu pak
- bolpoint satu pak
- highlighter satu paket
- stipo/tipe X
- karet penghapus
- flashdisk
dan semuanya didapatkan secara gratis.

4. Tidak hanya pendidikan yang diberikan secara cuma-cuma di PKN STAN. Buku-buku penunjang seperti modul diberikan secara cuma-cuma.


6. Jurusan yang tidak ada di Kampus Lain
Coba cek satu-persatu, mungkin hanya spesialisasi akuntansi dan perpajakan saja yang bisa ditemui di kampus lain. Bahkan, sebenarnya kedua spesialisasi tersebut juga memiliki perbedaan yang sangat mencolok dengan kampus lain. Untuk spesialisasi akuntansi, akuntansi yang diajarkan adalah akuntansi yang membahas sistem akuntansi pemerintah. Begitu juga dengan perpajakan, mahasiswa diajarkan mata kuliah bidang perpajakan melalui perspektif Fiskus (pihak berwenang yang memungut pajak) bukan dari perspektif wajib pajak (pembayar pajak/konsultan). Selain itu, spesialisasi yang lainnya hanya bisa ditemukan di PKN STAN. Artinya PKN STAN menyediakan sebuah program pendidikan yang lain daripada yang lain. Ini artinya akan membuka besar kesempatan beasiswa kuliah ke luar negeri karena ilmu lanjutan yang akan adik-adik pelajari belum tersedia dengan baik di Indonesia.

7. Apabila dibandingkan dengan PTN,PTS, atau PTK yang sejenis, PKN STAN bisa dikatakan memiliki beban kuliah dan SKS yang tidak terlalu berat. Dinamika (ospek) juga sangat mendidik dan bebas dari perploncoan atau unsur balas dendam senior.

8. Keuntungan terbesar jika kuliah di PKN STAN adalah tidak perlu bingung memikirkan akan bekerja dimana dan berapa penghasilan yang akan didapatkan setelah diwisuda nanti. Setelah lolos TKD, semua lulusan statusnya dipastikan akan bekerja di lingkungan Kementerian Keuangan dan instansi lain yang terkait.

Itulah beberapa keuntungan yang akan adik-adik dapatkan jika kuliah di PKN-STAN. Semoga menjadi salah satu motivasi agar adik-adik lebih semangat dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi USM-PKN STAN selanjutnya...

Baca Juga: Pembahasan Soal STAN Lengkap
smile emotikon