Hidup Ini Adalah Kesempatan, Lagu Pujian Kristen Yang Sarat Makna Mendalam -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Hidup Ini Adalah Kesempatan, Lagu Pujian Kristen Yang Sarat Makna Mendalam

Admin
Monday, March 25, 2024

Lagu “Hidup Ini Adalah Kesempatan” merupakan lagu pujian Kristen yang dipopulerkan oleh Herlin Pirena. Lagu yang dirilis tahun 2017 ini sarat akan makna mendalam tentang kehidupan. Umat Kristiani tentu sudah tidak asing lagi dengan lagu satu ini. 

Lagu ini diciptakan oleh Pendeta Wilhelmus Latumahina yang dikenal sebagai Ketua Umum Persatuan Masyarakat Kristen Indonesia Timur (PMKIT). Meskipun terdengar sederhana, namun makna dari lirik lagu ini adalah bahwa selama Tuhan masih memberi umur kehidupan kepada kita, manfaatkan kesempatan hidup ini untuk setia kepada-Nya. Jangan hanya sibuk dengan urusan duniawi saja yang sementara. 

Untuk lebih rinci, simak ulasan di bawah ini tentang makna lagu “Hidup Ini Adalah Kesempatan”!


1. Mengenal Pencipta Lagu “Hidup Ini Adalah Kesempatan”

Lagu pujian Kristen ini diciptakan oleh Pendeta Wilhelmus Latumahina dan dipopulerkan oleh Herlin Pirena. Pendeta tersebut merupakan alumni dari perguruan tinggi Pajak, kemudian ia melanjutkan karir di Departemen Pajak. Bahkan, ia juga sempat menjadi kepala cabang disana. 

Awal mula terciptanya lagu ini berawal pada tahun 2004, tepatnya saat anak sulung sang pendeta dipanggil Tuhan lewat musibah kecelakan lalu lintas. Kemudian di waktu yang sangat sedih tersebut, ia duduk dalam keheningan dan merenung akan kehidupn. Dari situlah, tercipta lagu “Hidup Ini Adalah Kesempatan” yang sarat akan makna mendalam bagi pendengarnya. 


2. Lirik Lagu “Hidup Ini Adalah Kesempatan”

Berikut ini lirik lagu “Hidup Ini Adalah Kesempatan” yang bisa kita ketahui:

Hidup ini adalah kesempatan

Hidup ini untuk melayani Tuhan

Jangan sia – sia, waktu yang Tuhan ‘bri

Hidup ini hanya sementara


Sekuntum bunga di pagi hari

Mekar indah harum, di padang yang hijau

Demikian Tuhan mendandani rumput

Gugur bunga bila panas terik


Oh Tuhan, pakailah hidupku

Selagi aku masih kuat

Satu saat aku, ‘tak berdaya

Hidup ini sudah jadi berkat


Oh Tuhan, pakailah hidupku

Selagi aku masih kuat

Satu saat aku ‘tak berdaya


Hidup ini sudah jadi berkat

Hidup ini sudah jadi berkat (sudah jadi berkat)

Hidup ini sudah jadi berkat

(Hidup ini sudah menjadi berkat)


3. Makna Lagu “Hidup Ini Adalah Kesempatan”

Setiap bait lirik dalam lagu ini menyimpan pesan terdalam bagi pendengarnya yang tidak hanya sekedar kata – kata saja, namun juga motivasi hidup untuk kita yang masih diberi kesempatan hidup. Melalui lagu “Hidup Ini Adalah Kesempatan”, sang pecinta lagu ingin memberi kesadaran, jika di dalam tiap orang yang terbaptis telah melekat predikat sebagai pelayan Tuhan. 

Saat mendengarkannya yang paling membekas yaitu ajakan yang tentunya sangat kuat perihal pilihan melayani Tuhan. Kesediaan melayani sang pencipta merupakan bentuk syukur seseorang yang bersangkutan atas karya besar Tuhan di dalam diri Yesus Kristus yang sudah merelakan diri datang ke dunia untuk melayani, mengalami derita siksa, mati, dan bangkit dari alam maut. 

Selain itu, melalui lagu ini juga kita sebagai manusia jadi disadarkan untuk selalu mengingat kematian. Karena pada akhirnya semua manusia akan kembali kepada-Nya, dan kehidupan manusia kemudian ada di dalam sebuah rentang waktu. Secara garis besar, tidak sedikit orang yang sudah diberi kesempatan hidup lebih lama. Namun, ada pula orang yang diberi kesempatan hidup sangat sebentar. 

Hal itu sebenarnya bukan tentang seberapa lama waktu hidup yang diberikan Tuhan kepada Manusia, namun mengenai bagaimana seorang manusia bisa memanfaatkan waktu tersebut dengan sebaik – baiknya. Karena itu, jangan pernah sia – siakan kesempatan hidup yang diberikan Tuhan. Kita harus persiapkan semuanya sebelum menghadap kepada-Nya.